Rawing Rambang: Penggerak Ekonomi Pedesaan

    Rawing Rambang: Penggerak Ekonomi Pedesaan
    Dr. Ir Rawing Rambang, MP Bacaleg Partai PAN Kalteng Dapil II Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan

    PALANGKA RAYA - Pedesaan adalah bagian terkecil dari struktur pemerintahan negara kita, Republik Indonesia. Namun demikian desa memiliki kewenangan dan otonomi dalam penyelenggaraan pembangunan dan roda pemerintahan sendiri, hal itu tertuang dalam Undang Undang No 6 tahun 2016.

    Bahkan karena sangat penting dan strategisnya pemerintah membentuk Kementerian tersendiri (Khusus) dalam rangka agar masyarakat desa itu bisa sejahtera dan makmur.

    Tentunya untuk menuju masyarakat desa yang sejahtera dan makmur, pemerintah menjalankan program - program pemberdayaan di masyarakat desa tersebut. Hal ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam memberdayakan di sektor perekonomian pedesaan.

    Bentuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan tentunya harus beriringan terhadap kehidupan sosial di wilayah desa tersebut, karena setiap desa memiliki karakteristik yang berbeda - beda dengan desa lain.

    Menurut Lincoli Arsad "Pembangunan Ekonomi Pedesaan adalah proses dimana pemerintah desa dan masyarakat membentuk pola kerjasama atau kemitraan dengan sektor swasta" sehingga akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan merangsang kegiatan ekonomi.

    Tujuan utama dari pembangunan ekonomi pedesaan adalah agar masyarakat dapat memanfaatkan serta menikmati sumber daya alam lokal untuk kesejahteraan nya.

    Prinsip - prinsip pembangunan masyarakat desa adalah :

    1. Melibatkan masyarakat desa dalam setiap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasinya.

    2. Memanfaatkan sumberdaya alam lokal.

    3. Transparansi dalam pelaksanaannya. 

    4. Dapat dipertanggung jawabkan artinya dalam pelaksanaan setiap komponen kegiatan memiliki dasar dan sasaran yang jelas.

    5. Berkesinambungan (Sustainable, Deploment) artinya disamping untuk kepentingan saat ini tetapi juga untuk kepentingan generasi selanjutnya.

    Dalam kontek provinsi Kalimantan Tengah, tentu banyak yang dikerjasamakan antara masyarakat pedesaan dengan sektor pihak swasta, misalnya sektor Perkebunan, Kehutanan, Pertambangan dan sektor - sektor lainnya.

    Disinilah peran penting pemerintah sebagai Motivator, Stabilator, dan Dinamisator pembangunan dalam memajukan pedesaan ataupun pihak swasta (Investor).

     "Kita berharap kedepan desa - desa di Kalimantan Tengah makin maju, makin berkembang paling tidak sejajar dengan desa yang berada di provinsi tetangga, menggingat provinsi Kalimantan Tengah memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, " kata Rawing Rambang, Bacaleg dari Partai PAN Kalteng, dapil II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan.

    palangka raya
    Indra Gunawan

    Indra Gunawan

    Artikel Sebelumnya

    Cegah Manipulasi Harga, Disbun Kalteng Tetapkan...

    Artikel Berikutnya

    Bersama Partai PAN, Rawing Rambang Perjuangkan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pengungkapan 33, 8 Kg, Rawing Rambang: Kalimantan Tengah Darurat Narkoba
    Tony Rosyid: Prabowo Urus Indonesia, Anies Baswedan Di Jakarta
    Ketua Ormas BMT Kalteng Apresiasi Pengungkapan Narkoba 33,8 Kg di Wilayah Lamandau
    Tony Rosyid:  Tidak Ada Pilihan Bagi PKS Selain Anies Baswedan
    Rawing Rambang Memaknai Hari Jadi Provinsi Kalteng Ke - 67 Tahun

    Ikuti Kami