Hardiknas 2024, Rawing Rambang: Pendidikan Kunci Untuk Menciptakan Generasi Unggul

    Hardiknas 2024, Rawing Rambang: Pendidikan Kunci Untuk Menciptakan Generasi Unggul
    Gambar: Dr. Ir. Rawing Rambang, MP salah satu dosen di Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip)

    PALANGKA RAYA - Pengamat dan pemerhati Pembangun Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini, Dr. Ir. Rawing Rambang, MP, pendidikan adalah seuatu hal yang dalam kehidupan bangsa dan negara, sangat diutamakan dalam kemajuan suatu daerah atau negara. 

    Makmur dan sejahteranya suatu negara dilihat dari bagaimana keadaan pendidikannya masyarakatnya dan penangganan sistim pendidikan yang ada di negara tersebut. 

    Bangsa Indonesia, di tahun 2024, peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan) mengusung tema inspiratif “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

    Tema ini mengajak seluruh elemen bangsa, dari pendidik, peserta didik, hingga masyarakat luas, untuk bahu membahu dalam mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia.

     "Pendidikan hal utama dalam sejarah perjalanan bangsa ini, dan menentukan bagaimana nasib bangsa yang besar ini kedepannya, " kata Rawing Rambang,  Dosen di Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip). 

    Merdeka Belajar merupakan sebuah gerakan yang menitikberatkan pada kemandirian belajar peserta didik. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, dan kritis dalam proses belajar mengajar. Hal ini sejalan dengan cita-cita Ki Hadjar Dewantara untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas, mandiri, dan berkarakter mulia.

    Hari Pendidikan Nasional bukan sekadar hari libur biasa. Hari ini adalah momen untuk merenungkan kembali arti penting pendidikan bagi bangsa, serta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan pendidikan yang telah berjuang tanpa lelah demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

    Bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah inipun  menegaskan bahwa, agar generasi - generasi saat ini untuk tidak melupakan pendidikan, dan saat ini untuk mendapatkan pendidikan, pemerintah sudah menyediakan segala sarana dan prasarana yang ditanggung dengan wajib sekolah 12 tahun. 

     "Wajib 12 tahun bentuk nyata pemerintah Indonesia untuk  mensejahterakan Rakyatnya, " sebutnya. 

    Selain itu, seperti tertuang dalam UUD 1945, yaitu turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, adalah cita - cita para pahlawan - pahlawan bangsa ini dahulu. Pendiri bangsa ini beharap agar masyarakat Indonesia cerdas, bebas dari belengu kebodohan dan bisa membangun bersama - sama Negara Republik Indonesia. 

    Untuk menuju Generasi Milenial dan Generasi Emas bangsa Indonesia. Presiden dan wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kedepannya akan memberikan program makan gratis kepada anak - anak Indonesia, yang bersekolah. 

    Tujuannya agar kualitas pendidikan yang akan diterima para siswa - siswi nanti lebih baik lagi, agar para siswa tidak terpikirkan untuk biaya makan siang, terkadang orang tuanya ada dari kalangan tidak mampu. 

     "Pendidikan adalah kunci untuk menciptakan generasi unggul dan meraih kemajuan bangsa. Selamat Hari Pendidikan Nasional! 2 Mei 2024, " ucap Rawing Rambang. 

    palangka raya palangka raya palangka raya
    Indra Gunawan

    Indra Gunawan

    Artikel Sebelumnya

    Peringati Hari Buruh: Pengamat Ekonomi Kalteng,...

    Artikel Berikutnya

    Lakukan Sumpah Adat, Putusan Damang Jekan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pengungkapan 33, 8 Kg, Rawing Rambang: Kalimantan Tengah Darurat Narkoba
    Tony Rosyid: Prabowo Urus Indonesia, Anies Baswedan Di Jakarta
    Ketua Ormas BMT Kalteng Apresiasi Pengungkapan Narkoba 33,8 Kg di Wilayah Lamandau
    Tony Rosyid:  Tidak Ada Pilihan Bagi PKS Selain Anies Baswedan
    Rawing Rambang Memaknai Hari Jadi Provinsi Kalteng Ke - 67 Tahun

    Ikuti Kami