Andrie Ellia Embang, Dalam Buku Kajian Sosiologi Ekonomi

    Andrie Ellia Embang, Dalam Buku Kajian Sosiologi Ekonomi
    Gambar: Prof. Dr. Andrie Elia, SE., M. Si

    PALANGKA RAYA - Melatarbelakangi bahwa ekonomi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Kajian tersebut coba diungkap oleh salah satu dosen di Universitas Palangka Raya (UPR) sejak tahun 1987 hingga terakhir menjabat sebagai Rektor di Universitas Negeri satu - satunya di Kalteng. 

    Dalam riwayat kariernya, sosok yang dikenal sangat suka membantu ini, selain di akademisi pernah menduduki peranan penting di dunia pendidikan di Bumi Tambun Bungai juga saat ini dipercayakan sebagai Ketua Harian  Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah.

    Prof. Dr. Andrie Elia, SE M. Si atau Ellia Embang dilahirkan di Banjarmasin pada tanggal 12 Agustus 1959 dengan isteri bernama Tiap Susilawati dan dikaruniakan dia orang anak, yakni Thea Farina, SH., M.Kn dan Benny Briantoni Embang, ST. 

    Dalam buku karya ilmiah yang ditulisnya itu, membahas sosiologi ekonomi sebagai sebuah ilmu yang mengkaji hubungan antara manusia sebagai anggota masyarakat dalam interaksi sosial dan ekonomi. 

    Sosial Ekonomi menelaah perilaku manusia sebagai individu dan anggota masyarakat dalam memenuhi  kebutuhannya. Sosial ekonomi tidak memahami ekonomi secara individu seperti dalam ekonomi klasik, melainkan lebih memandang ekonomi masyarakat secara keseluruhan. 

    Sebagai suatu kajian sosialogis terhadap ekonomi materi yang dibahas dalam buku ini meliputi berbagai hal dalam setiap upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu meliputi perdagangan barang dan jasa, pasar, tenaga kerja, dan pengaruh globalisasi terhadap ekonomi. 

    Buku yang saat ini juga tersedia secara online, dapat di beli Tokopedia. Banyak hal yang dapat dipahami oleh para pihak yang ingin mendalami ilmu Ekonomi, buku ini membahas bentuk - bentuk ekonomi yang dianut negara serta peran atau intervensi negara dalam bidang ekonomi. 

     "Harapannya, buku ini bisa berkontribusi dalam pengembangan Literasi, dan Referensi bahan ajar, untuk pengembangan keilmuan, terutama dalam   kajian sosial dan ekonomi, " kata Mantan Rektor UPR, Ellia Embang.//

     

    palangka raya
    Indra Gunawan

    Indra Gunawan

    Artikel Sebelumnya

    MA Tolak Kasasi Pemohon Tanah di Jalan George...

    Artikel Berikutnya

    Pilkada 2024, Kapolda Hadiri Peluncuran...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pengungkapan 33, 8 Kg, Rawing Rambang: Kalimantan Tengah Darurat Narkoba
    Tony Rosyid: Prabowo Urus Indonesia, Anies Baswedan Di Jakarta
    Ketua Ormas BMT Kalteng Apresiasi Pengungkapan Narkoba 33,8 Kg di Wilayah Lamandau
    Tony Rosyid:  Tidak Ada Pilihan Bagi PKS Selain Anies Baswedan
    Rawing Rambang Memaknai Hari Jadi Provinsi Kalteng Ke - 67 Tahun

    Ikuti Kami